Senin, 10 Agustus 2009

Processor

Tes & Teknologi - Tes Motherboard Print E-mail
Tuesday, 05 August 2008

IGP Terbaik untuk Intel
Apakah saat ini Anda membutuhkan motherboard dengan IGP (Integrated Graphics Processor) untuk merakit PC kelas ekonomis? Pastikan Anda memilih yang terbaik setelah membaca Tes Perbandingan edisi ini!

Image
K ali ini, Anda memiliki pilihan baru ketika merakit komputer kelas ekonomis berbasiskan prosesor Intel. Di mana chipset Intel GMA yang cukup lama mendominasi harus berbagi dengan chipset NVIDIA GeForce. Partisipasi NVIDIA ini tentunya membawa angin segar bagi mereka yang sedang mencari motherboard dengan grafis terintegrasi. Namun, sebelum Anda menjatuhkan pilihan, sebaiknya Anda membekali diri Anda dengan mengintip kinerja dan feature motherboard incaran Anda. Jangan sampai Anda salah memilih motherboard!
Chipset yang menjadi andalan NVIDIA untuk bersaing dengan Intel dibagi menjadi tiga tipe yaitu GeForce 7050/nForce 610i, GeForce 7100/nForce 630i, dan Geforce 7150/nForce 630i. Pembagian tiga tipe chipset ini bertujuan untuk lebih spesifik memenuhi kebutuhan konsumen kelas ekonomis, di mana GeForce 7050/nForce 610i lebih ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan feature dan kinerja grafis yang tidak terlalu berlebih (lebih mementingkan harga).
Sedangkan GeForce 7150/nForce 630i lebih ditujukan untuk pengguna “high-end” yang membutuhkan kinerja grafis yang lebih tinggi. Dan di antara kedua chipset tersebut terdapat GeForce 7100/nForce 630i yang merupakan chipset kelas “mainstream”. Feature yang ditawarkan sama persis dengan GeForce 7150/nForce 630i, hanya saja dengan pemangkasan kinerja grafis beberapa puluh MHz saja. Untuk melihat perbedaan masing-masing chipset secara lebih spesifik, Anda dapat melihat pada tabel perbandingan chipset yang telah tersedia di halaman 118.
Perbedaan antara GeForce 7100 /nForce 630i, dan GeForce 7150/nForce 630i hanya sebesar 30 MHz pada GPU clock-nya saja. Selain itu, semua feature yang tersedia di antara kedua tipe tersebut sama persis. Oleh sebab itu, CHIP memutuskan untuk menggabungkan kedua tipe chipset tersebut ke dalam satu pengujian saja untuk mempermudah penilaian.
Sebagai perbandingan kinerjanya dengan graphic card, chip grafis yang digunakan pada chipset ini diklaim oleh NVIDIA memiliki kinerja yang berada di antara GeForce 7100 dan 7200. Sebaik­nya Anda tidak berharap terlalu banyak untuk memainkan game-game modern dengan menggunakan chip grafis yang tertanam pada motherboard ini.
Cukup sudah pengenalan tentang chipset baru dari NVIDIA ini. Berikut CHIP akan menampilkan hasil tes perbandingan ini. Terhitung, terdapat 13 buah motherboard dengan chipset GeForce NVIDIA dan sebuah motherboard dari Intel sebagai pembanding dalam tes kali ini.



Tidak ada komentar: