Senin, 16 November 2009

fungsi vga card

VIDEO GRAPHIC ACCELERATOR (VGA)

Sekarang akan dibahas tentang VGA Card (Graphic Card), pembahasan mungkin tidak terlalu detail, hanya menjelaskan fungsi/kegunaan dan juga aksesoris dari VGA Card. VGA adalah singkatan dari Video Graphic Accelerator yang berfungsi sebagai alat untuk memvisualisasikan komputer anda pada layar monitor, sedangkan VGA Card (Graphic Card) merupakan sebuah kartu/perangkat Video tambahan.

Fungsi utama dari sebuah VGA adalah untuk menampilkan gambar dari komputer pada layar monitor Anda (monitor LCD, monitor CRT, proyektor, dll). Jadi perananan VGA sangat penting dalam komputer. Bayangkan jika Anda memakai komputer tapi tidak ada yang ditampilkan oleh komputer tersebut, tentu komputer tersebut tidak dapat Anda manfaatkan.

Antara VGA dan monitor dihubungkan oleh sebuah kabel yang memiliki port tersendiri yang biasanya berbentuk port VGA standar, dan ada juga yang berbentuk port DVI, tergantung dari jenis port yang ada di VGA Anda. Lihat Gambar port VGA!

Kemampuan sebuah VGA biasanya ditentukan oleh besarnya memory yang dimiliki VGA tersebut, disamping faktor lainnya seperti lebar busnya, kecepatan clocknya, dan kemampuan mengolah warnanya.

VGA sendiri ada 2 versi, versi terintegrasi dan versi kartu tambahan:

1. VGA Integrated

Versi terintegrasi sudah ditanamkan pada mainboard-mainboard yang memang menawarkan VGA yang terintegrasi, tetapi tidak semua mainboard ada VGA integrasinya, biasanya untuk mainboard value (mainboard dengan harga terjangkau). VGA terintegrasi ini ini terdapat diantara port-port dibagian belakang mainboard. Lihat Gambar!

13-121-048-03

Bagian yang diberi tanda merah adalah VGA terintegrasi. Kemampuan dari VGA bawaan ini tentunya standar-standar saja, bisa untuk bermain game yang standar pula. Ini dikarenakan memang VGA ini diperuntukan bagi kalangan yang tidak terlalu mementingkan performa dari sebuah VGA. Macam-macam VGA terintegrasi ini seperti Intel GMA 950, Intel X3100, dll. Pilihan VGA ini sangat cocok bagi penggunaan rumahan dan keperluan office. Saat ini jumlah memory maksimal pada sebuah VGA terintegrasi adalah 1GB, untuk standarnya ya sekitar 128MB dan 256MB. Jumlah memory VGA ini tergantung dari jumlah memory utama yang dipakai, karena VGA ini mengurangi jumlah memory utama. Jumlah memory VGA dapat ditentukan sesuai yang diinginkan.

2. Graphic Card (VGA Card)

Merupakan kartu grafis tambahan yang dapat dibeli untuk mendapatkan performa/kemampuan yang lebih baik dari VGA integrated. Fungsinya sama saja dengan VGA terintegrasi, yang membedakan adalah kemampuannya. Dalam industri graphic card dikuasai oleh 2 perusahaan besar yaitu N-VIDIA dan ATI. Keduanya mengusung teknologinya masing-masing untuk graphic card yang mereka keluarkan, dan kemampuannya pun tidak berbeda jauh (saling menyaingi). Biasanya orang membeli kartu grafis tambahan untuk keperluan gaming atau grafis dan multimedia. Game-game berat yang ada saat ini membutuhkan sebuah kartu grafis yang memiliki kemampuan extra, seperti jumlah memory yang cukup besar. Semakin baik sebuah kartu grafis, tentunya harganya juga akan semakin mahal. Pembagian kelas untuk kartu grafis ada 3, yaitu kartu grafis untuk kalangan Low-End dengan kisaran harga antara 300ribu-1 jutaan, kartu grafis Mid-End dengan kisaran harga antara 1 juta - 2 jutaan, sedangkan untuk kartu grafis High-End dengan harga 2,5juta keatas. Sebelum Anda membeli sebuah kartu grafis, lihat dulu port yang ada pada mainboard Anda, apakah port yang ada adalah port AGP atau PCI-Express. Port AGP untuk kartu grafis yang digunakan pada komputer jaman dahulu dan port PCI-Express untuk komputer saat ini.

Selain itu, pada sebuah mainboard yang memiliki kemampuan lebih, mendukung teknologi crossfire, yaitu teknologi untuk menggabungkan 2 buah kartu grafis atau lebih menjadi satu, tentunya untuk mendapatkan kemampuan yang lebih baik lagi.

VGA Card port AGP

VGA Card port PCI-Express

VGA Card dengan teknologi CrossFire

Jadi sebelum Anda memutuskan untuk memakai jenis VGA yang Anda inginkan, tentukan dulu untuk keperluan apa komputer yang akan Anda beli, apakah untuk keperluan gaming atau hanya sekedar untuk pemakaian rumahan.

Tidak ada komentar: